Minggu, 04 September 2011

"SAKURA"

    VIDEO  ini tak ada hubunganya sama sekali dengan urusan Craft atau pun tutorial membuat sesuatu. Ga tau kenapa tiba tiba saya teringat dengan Lagu bahasa jepang yang berjudul sakura, lagu ini termasuk lagu pavorit saya saat masih kuliah ...Lagu yang berjudul "Sakura" ini  di bawakan oleh MORIYAMA NAOTAROU,penasaran?  eits tunggu dulu....sebelum denger n liat  video klipnya ada baiknya kita dengar kan penjelasan dari ustad Maulana..."jama'ah o jama'ah..." (???), mengenai makna yang terkandung dalam bunga sakura inih biar kita lebih meresapi makna lagu tersebut (gile bener....) .

Seperti yang kita ketahui bersama , Sakura sendiri adalah nama tumbuhan (pohon) , yang identik dengan negara Jepang. Dimana selain sakura ini begitu cantik dan elok rupanya namun tersimpan pula berbagai makna filosofi di dalamnya.Mekarnya Bunga sakura amat dinanti oleh masyarakat Jepang. Saat kuncup-kuncup bunga sakura muncul, ini berarti pertanda musim semi tiba, salju salju mulai mencair dan mulai diisi dengan kehangatan, musim yang bagi orang Jepang menjanjikan masa depan yang cerah dan penuh dengan harapan.

Adapun mekarnya bunga sakura memiliki  makna yang begitu mendalam di hati masyarakat Jepang, sebuah makna kesejukan, keheningan, kebahagian dan ketenangan. Sedangkan , Sakura yang mulai jatuh berguguran, bermakna perpisahan.

Bagi orang Jepang, bunga Sakura  menyimbolkan kegembiraan dan kesedihan serta mengingatkan manusia untuk selalu bersyukur dalam menghargai kehidupan dan kesedihan.
Sakura juga mengingatkan bahwa segalanya memiliki kebalikan. Ada sedih, ada gembira. Ada hidup, ada saatnya mati. Ada saatnya merekah dengan indahnya dan ada saatnya berguguran. Dan itulah yang bunga sakura lakukan, mekar dengan memberikan keindahan bagi jiwa-jiwa yang berkelana. Itulah mengapa di setiap mekarnya bunga sakura, keluarga jepang merayakannya dengan berkumpul bersama, menyusuri taman sembari melakukan renungan dan menikmati hidangan di bawah pohon sakura. Perayaan ini dinamakan “Hanami”.


Begitulah kira kira penjelasan singkat mengenai Bunga sakura, tanpa panjang lebar mari kita dengarkan lagunya bersama sama, Kalo video klipnya mah agak Repsol gan..ma'lum lagu jadul punya nih...tapi tetep asoy kok...

 penampakan SAKURA:
                                                                     

2 komentar:

Mad Crafter mengatakan...

menarik sekali pep, aku suka dan baru tahu ttg filosofi bunga sakura untuk masyarakat jepang stlh baca postingan ini ... thx for sharing! :)

pepoloco mengatakan...

terimakasih mbak..memang kayaknya Sakura punya arti yang mendalam sama masyarakat jepang.ah...jadi pengen ke jepang nih, trus o hanami bareng2 teman crafters semua ...semoga bisa terwujud , amiin